spot_img

Posisi Kaki yang Benar Saat Lari

Telapak kaki menyentuh tanah pada bagian tengah telapak kaki (midfoot strike), itu lah posisi kaki yang paling efisien, karena benturan paling sedikit, kaki berada tepat dibawah pinggul. Kebanyakan dari pelari pemula melakukan kesalahan dengan mendarat menggunakan tumit (heel strike) ini sebenarnya yang sering mengakibatkan sakit di bagian lutut dan bagian pinggang bawah. Kaki mendarat menggunakan tumit (heel strike), kaki berada didepan pingul, ini menyebabkan gaya benturan yg menahan lajunya tubuh untuk bergerak kedepan,  ini akan menyebabkan energi yg terbuang sia2. mendarat pada tumit juga akan mengakibatkan benturan pada sendi angkle,  lutut dan pinggang bawah. 
Apabila kaki kita mendarat dengan benar yaitu menggunakan bagian tengah telapak kaki (midfoot strike), maka tidak akan ada benturan yg keras,  pergerakan untuk melaju kedepan tidak tertahan oleh benturan dan yang pasti lari akan terasa lebih ringan.

Apakah sepatu yang kamu gunakan sudah benar?? Baca Tips Memilih Sepatu Lari Agar Tepat dan Nyaman Saat Dipakai

Saat kaki bertemu dengan tanah maka posisi kaki,  pinggang dan pundak akan membentuk garis lurus. Posisi badan cukup sedikit condong kedepan, ini akan membantu pergerakan kedepan lebih efisien karna laju terbantu oleh gaya gravitasi

Berapa jumlah langkah yang paling efisien ?
Hasil penelitian bahwa jumlah langkah kaki yang paling efisien dalam olahraga lari adalah sekitar 180 langkah per menit, dalam istilah lari jumlah langkah per menit disebut cadence.
Cara menghitung cadence yaitu saat kita berlari hitung lah jumlah langkah kaki kanan selama 20detik kemudian di kali 6, apabila mendapatkan hasil 180 maka kecepatan langkah kaki kita sudah efisien.

Baca Juga : Lari Lambat yang Bermanfaat

Contoh: jumlah langkah kaki kanan selama 20detik adalah 30 langkah Maka cadence 30×6= 180, dengan jumlah cadence 180 itu artinya waktu kontak kaki kita dengan tanah sangat singkat, maka gesekan antara kaki dan tanah lebih sedikit,  karna gesekan lebih sedikit maka energi yang dipakai maju kedepan tidak banyak tertahan. Jadi lari kita lebih efisien, tidak membuang banyak energi.

Dengan teknik lari yg benar maka kita akan mendapatkan manfaat yang banyak diantaranya terhindar dari cidera, merasa lebih nyaman saat laritidak mudah lelah dan pergerakan lebih efisien yaitu dengan tenaga yg seminimal mungkin menghasilkan kecepatan semaksimal mungkin.

Berry Salasa

Avatar photo
Berry Salasa
Ultra Marathoner | Ultra Trail Runners | Founder The Bearded Runners

Related Articles

4 COMMENTS

  1. Bismillah, coach, kalau pada saat lari, apa kaki kita diayun kedepan sampai lurus ter lebih dahulu sebelum kemudian mendarat dengan metode diatas?

  2. Emang kudu dibiasain coach ya.. cuman kadang suka keselip selangkah dua langkah masih aja heel strike

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

962FansLike
2,470FollowersFollow
308SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles