spot_img

Cek Tingkat Kebugaran

Salah satu cara yang mudah untuk mengukur seberapa baik kah tingkat kebugaran kita saat ini adalah dengan mengukur detak jantung istirahat, caranya sangat mudah. 

Sesaat anda bangun tidur sebelum melakukan aktifitas, hitunglah denyut jantung per menit dengan cara meletakan jari telunjuk dan jari tengah ke leher atau pergelangan tangan (urat nadi), hitung banyaknya denyut jantung anda selama 60 detik. 

Denyut jantung permenit yang rendah menunjukan kerja jantung yg baik, artinya jantung kita bekerja cukup ringan untuk memompa darah ke seluruh tubuh, dan sebaliknya denyut jantung permenit yg tinggi menunjukan bahwa jantung kita bekerja sangat berat, ini menunjukan tingkat kesehatan jantung dan kesehatan kita secara umum perlu mendapat perhatian yang baik.  

Seorang atlit memiliki detak jantung istirahat permenit 40-60, seorang yang normal memiliki detak jantung 60-100. Nilai diatas 80 harus mendapat perhatian utk mulai mengatur pola hidup sehat

Untuk menurunkan detak jantung istirahat kita bisa melakukan olahraga yang rutin terutama olahraga kardio seperti lari dan bersepeda, menurunkan berat badan yang berlebih,  mengkonsumsi omega 3, kalium dan yang tidak kalah pentingnya adalah tingkat emosi dan stress juga harus diturunkan, kita bisa melakukannya dengan memperbanyak dzikir dan membaca Al-Qur’an agar Qolbu kita menjadi tentram.  Karena hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang. 

Berry Salasa

Berry Salasa
Ultra Marathoner | Ultra Trail Runners | Founder The Bearded Runners

Related Articles

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

962FansLike
2,470FollowersFollow
308SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles