spot_img

Bernafas Saat Lari

Semakin banyak oksigen yang kita hirup kedalam paru-paru akan semakin besar bahan bakar tubuh yg dapat diolah menjadi energi saat beraktifitas. Jika kamu ingin bernafas secara efisien saat lari, maka menghirup menggunakan hidung saja tidak cukup, para pelari secara dominan menggunakan mulut saat berlari, dengan menggunakan mulut akan lebih banyak oksigen yang terhirup masuk ke paru-paru dibandingkan jika menggunakan hidung saja dan yang perlu diketahui juga bahwa pernapasan yang dipakai saat lari adalah pernafasan diafragma (perut) bukan pernafasan dada.

Pernafasan dada bersifat dangkal, otot dada lebih mudah lelah dibanding pernafasan perut, kapasitas pernafasan perut jauh lebih besar dari pernafasan dada, bernafas menggunakan perut akan memberikan relaksasi pada tubuh dan melatih otot diafragma.
Ciri pernafasan perut adalah ketika kita menghirup nafas maka yang pertama mengembang adalah bagian perut, udara masuk mulai dari perut kemudian baru kearah dada, dan sebaliknya saat menghembuskan nafas maka bagian perut akan mengempis secara perlahan. 

Oleh karena itu dikembangkan lah metode Rythmic Breathing yaitu bernafas dengan skema 3:2 yaitu 3 langkah menarik nafas dan 2 langkah membuang nafas

Saat awal kita menghembuskan nafas otot berada pada kondisi melemas dan pada momen ini kestabilan core juga melemah, disinilah saat kaki menyentuh tanah kaki berada pada kondisi kekuatan berkurang dan stabilitas menurun, bila menggunakan metode nafas 3:3 yg artinya tiga langkah tarik nafas  kemudian tiga langkah buang nafas atau menggunakan cara 2:2 akan terjadi benturan kaki yang sama terus menerus saat membuang nafas disinilah cedera sering terjadi. Oleh karena itu dikembangkan lah metode Rythmic Breathing yaitu bernafas dengan skema 3:2 yaitu 3 langkah menarik nafas dan 2 langkah membuang nafas dengan metode seperti ini maka tingkat strees pada kedua kaki terbagi merata, ada saatnya permulaan menghembus nafas menggunakan kaki kiri dan berikutnya permulaan menghembus nafas menggunakan kaki kanan. Dengan metode ini ternyata berhasil menurunkan tingkat resiko cidera pada kaki

Berry Salasa

Avatar photo
Berry Salasa
Ultra Marathoner | Ultra Trail Runners | Founder The Bearded Runners

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

962FansLike
2,470FollowersFollow
308SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles